Keutamaan Menyantuni Anak Yatim - Alumni SMPN2 Bogor'80
Headlines News :
Home » » Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Written By Unknown on Sunday, March 6, 2016 | 3:21 AM


Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
 
أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئ

 “Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya"

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.

Alhamdulillah dengan adanya hadits diatas, kawan-kawan Alumni  telah melaksankan santunan kepada anak yatim setiap bulan, yang masih keluarga Alumni dan setiap tahun kepada seluruh anak yatim terdekat.

Tiap bulan kawan-kawan dari Alumni bergotong roytong menyantuni mereka (anak yatim keluarga alumni), dengan cara mengumpulkan sebagian hartanya untuk disalurkan kepada mereka (anak yatim keluarga alumni).

Mudah-mudahan kegiatan sosial ini akan berlanjut selamanya, dan bisa diteruskan oleh anak-anak kami kelak.

Sekedar himbauan, untuk teman-teman yang ingin berpartisipasi, untuk menyisihkan sebagian hartanya bisa disalurkan via Rekening Sosial.klik disini


Sungguh mulia balasan bagi pengasuh anak yatim. Rasulullah Saw. bersabda; “sebaik-baik rumah kaum muslimin adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim dan diasuh dengan baik. Dan seburuk-buruk rumah kaum muslimin adalah rumah yang di dalamnya ada anak yatim, namun diasuh dengan buruk. Kemudian beliau menunjukkan dengan jari tengah dan telunjuknya sambil bersabda; “aku dan pengasuh anak yatim seperti ini di surga”. (HR. Abu Daud) 

 
Dalam  riwayat yang lain disebutkan ''Bila engkau ingin agar hati menjadi lembut dan damai dan Anda mencapai keinginanmu, sayangilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berilah dia makanan seperti yang engkau makan. Bila itu engkau lakukan, hatimu akan tenang serta lembut dan keinginanmu akan tercapai. (HR Thabrani).



Hadis tersebut memberikan petunjuk kepada umat Islam bahwa salah satu sarana untuk menenangkan batin dan mendamaikan hati ini adalah mendekati anak yatim, terlebih yatim piatu. Mengusap kepala mereka dan memberinya makan minum merupakan simbol kepedulian dan perhatian serta tanggung jawab terhadap anak yatim/piatu.
 
Salam Alumni



Sumber:  http://ikadi.or.id/artikel/tafakkur/1005-memohon-surga-dengan-pemuliaan-anak-yatim.html
              https://muslim.or.id/8601-keutamaan-menyantuni-anak-yatim.html
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Alumni SMPN2 Bogor'80 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template