Makna Sahabat Menurut Nabi Muhammad SAW - Alumni SMPN2 Bogor'80
Headlines News :
Home » » Makna Sahabat Menurut Nabi Muhammad SAW

Makna Sahabat Menurut Nabi Muhammad SAW

Written By Unknown on Wednesday, August 24, 2016 | 1:40 AM


“Sebaik-baik sahabat adalah di sisi Allah orang yang terbaik terhadap temannya ( Hadits riwayat Al-Hakim)

Dari nu'mah bin Basyir r.a , Rasulullah SAW bersabda "Perumpamaan persaudaraan seorang muslim dalam cinta dan kasih sayang di antara mereka adalah seumpama satu tubuh. Apabila satu anggota tubuh sakit mama mengakibatkan seluruh tubuh menjadi demam dan tidak bisa tidur (HR Muslim)

"Teman yang baik adalah apabila kamu melihat wajahnya,kamu teringat akan Allah,mendengar kata-katanya menambah ilmu agama,melihat gerak geriknya teringat mati.

Banyak sekali hadits2 tentang kawan/sahabat ini. Allah SWT menciptakan makhluk di atas muka bumi ini berpasang-pasangan. Begitu juga manusia dan menjadi kawan bagi seseorang.

Dalam Islam,faktor memilih kawan amat dititik beratkan. Hubungan persahabatan adalah hubungan yang sangat mulia,karena kawan atau sahabat berperanan dalam membentuk personaliti individu.ada kawan yang sanggup bersusah payah dan berkongsi duka bersama kita.

Terdapat ayat yang mengisyratkan mengenai peranan dan pengaruh kawan,antara firman-Nya bermaksud : ” Wahai orang2 yang beriman! Bertakwalah dan hendaklah kamu bersama sama orang yang bersifat benar.“ (QS at-Taubah:119) Pendek kata sahabat boleh menentukan corak hidup kita.

Justru jika salah pilih sahabat kita akan merasa merana dan menerima pedihnya. "Seseorang itu adalah mengikut agama temannya,oleh karena itu hendaklah seseorang itu meneliti siapa yang menjadi temannya (HR Abu Dawud) Saya pribadi memiliki sahabat yang sangat2 saya cintai.dan persahabatan tersebut semata mata karena Allah dan agar mendapat Ridha dari Nya.

sumber:http://doadanmotivasiislami.blogspot.co.id/2015/07/makna-sahabat-menurut-rasulullah-saw.html
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2016. Alumni SMPN2 Bogor'80 - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template